First Created - November 5, 1998


Blok Prangko "Two Penny Blue" Dijual 4,5 Juta Dolar AS
[Suara Pembaruan, November 5, 1998]


Associated Press

PALING BERHARGA - Blok prangko ini yang difoto di London 3 November 1998, dan diklaim sebagai yang paling berharga di dunia, direncanakan dijual oleh pedagang prangko Spink and Sons Ltd., seharga 2,75 juta poundsterling (sekitar 4,5 juta dolar AS).

Jakarta, Pembaruan

Satu blok yang terdiri dari 48 prangko mint (belum terpakai) dan merupakan salah satu dari prangko tertua di dunia, akan dijual di Inggris dengan harga 2,75 juta poundsterling (sekitar 4,5 juta dolar AS).

Prangko yang dikenal dengan nama, ''Two Penny Blue'' dengan desain Ratu Victoria, diterbitkan tahun 1840 dan kemudian terlupakan sampai lebih dari seabad. Sebelumnya akhirnya ditemukan kembali di dalam sebuah tempat penyimpanan alat-alat tulis tua dari kulit, oleh staf Duke of Buccleuch tahun 1945.

Diperkirakan, prangko-prangko itu awalnya dibeli oleh Walter Francis, yang pernah menjadi Duke of Buccleuch, untuk digunakan dalam urusan surat-menyurat keluarganya.

Setelah penemuannya kembali, prangko itu menjadi bagian dari dua koleksi pribadi yang besar, sebelum diperoleh beberapa bulan lalu oleh pedagang prangko Inggris, Spink and Sons Ltd., yang sekarang akan menjualnya.

Para pedagang prangko mengatakan, inilah harga tertinggi yang pernah ditawarkan untuk prangko.

Sebuah prangko Swedia dari tahun 1855 terjual dalam lelang tahun 1996 seharga 1,4 juta poundsterling (sekitar 2,2 juta dolar AS), yang membuatnya menjadi prangko termahal yang pernah dijual, menurut the Guinness Book of Records.

Tetapi, harga itu agaknya akan terlampaui oleh ''Two Penny Blue'', yang sangat langka ditemukan dalam blok yang besar. Dan sebagai blok terbesar dari kelompok penerbitan prangko pertama di dunia, blok prangko itu bukan hanya menarik para kolektor, tetapi juga investor dan spekulator, kata Andrew Norris, Managing Director dari Argyll Etkin, pedagang prangko dan postal history (sampul surat dan kartupos yang berkaitan dengan sejarah pos).

Blok prangko tersebut diterbitkan 6 Meri 1840, bersamaan dengan penerbitan prangko ''Penny Black'', dan merupakan salah satu dari ''koleksi paling berharga'' dari dunia filateli. Blok terbesar kedua dari ''Two Penny Blue'' dimiliki oleh Ratu Elizabeth II.

Prangko-prangko tersebut kemungkinan adalah benda-benda filateli paling berharga di dunia, kata Direktur Richard Watkins, sebagaimana dikutip Daily Telegraph Rabu. (AP/B-8)

Highly appreciated for your suggestions



Back to Clippings Philately | Return to Philatelic Homepage