Pengantar
Seminar
Aerofilateli
Astrofilateli
Literatur
Maksimafili
Mofila
Sejarah Pos
Benda Pos Bercetakan
Filateli Fiskal
Filateli Tematik
Filateli Tradisional

PENGANTAR

 

Michael Madesker

Presiden

Komisi FIP untuk Filateli Remaja.

 

Sesuai dengan kebutuhan, Pedoman Komisi Filateli Remaja FIP ini menjadi bersifat umum. Agaknya kita tidak perlu menguraikan lebih luas apa yang telah ditetapkan dalam Peraturan Resmi dan Ketentuan untuk pameran, karena buku pedoman ini bukan sarana untuk mengajar.

 

Mendidik calon ekshibitor dan juri melalui seminar, penerbitan maupun media lainnya merupakan kewajiban komisi-komisi FIP. Kewajiban untuk mendidik tersebut telah dilakukan dengan penuh semangat oleh Komisi Filateli Remaja melalui seminar-seminar serta penerbitan NEWSLETTER.

 

Komisi Filateli Remaja mengelola empat kelompok umur dan sepuluh bidang. Komisi-komisi FIP lainnya, kecuali Postal History yang menelaah sejarah pos dan teraan cappos, hanya berurusan dengan ekshibitor yang memamerkan satu bidang saja.

Juri Filateli Remaja yang akan dilatih disyaratkan mereka yang telah memperoleh medali Vermeil Internasional ditambah lagi dengan tiga syarat yaitu :

  • Paling sedikit telah menjadi juri Tingkat Nasional dan/atau mempunyai pengalaman di bidang filateli selama dua tahun.

  • Pernah menghadiri seminar tentang juri remaja yang diakui FIP.

  • Telah menjalani tugas magang sebagai calon juri.

Seminar-seminar yang dirancang oleh Komisi Filateli Remaja ini menekankan hal-hal yang mudah diterapkan. Calon juri harus sangat mengenal GREV dan SREV, ia juga harus dapat menunjukkan pengetahuan dan pengertian tentang kemampuan peserta muda pada berbagai tahap usia dan dapat menerapkannya pada waktu melakukan penjurian ekshibit.

 

Penentuan nilai penjurian tidak akan dapat dilakukan dengan berhasil tanpa menguasai pengetahuan yang cukup. Pada seminar-seminar yang berlangsung antara 4 hingga 6 jam tersebut, masing-masing calon juri secara perseorangan diharapkan dapat memecahkan persoalan tentang koleksi yang diujikan. Penilaian terhadap nilai yang diberikan pada ekshibit latihan ditentukan oleh kelompok diskusi antar peserta dibawah pengawasan seorang penguji atau penjurian seminar. Sangat disyaratkan bagi peserta latihan ini untuk dapat mengenal berbagai variasi di ruang pamer. Jabatan sebagai calon juri itu sendiri merupakan suatu ujian yang menuntut berbagai kecakapan sebelum seseorang dapat ditunjuk sebagai juri yang bisa berdiri sendiri.

 

Untuk menilai ekshibit remaja dikenal adanya tiga macam lembar penilaian yaitu :

  1. LIT - "Literature" merupakan salah satu diantara dua disiplin filateli (disamping MOPHILA) yang tidak diberi penghargaan berupa medali pada suatu pameran yang dipertandingkan.

  2. Sertifikat keikutsertaan untuk kelas ini menyatakan : Dianjurkan, Dapat Diterima atau Tidak Dapat Diterima untuk Pameran Remaja.

     

  3. TH - Lembar penilaian tematik (thematic) juga digunakan untuk ekshibit kelas MAXIMAPHILY yang disusun berdasarkan tema tertentu.

  4.  

  5. TR - Lembar penilaian ini meliputi kelas-kelas Aerophilately, Astrophilately, MAXIMAPHILY (kecuali kelas MAXIMAPHILY dengan kelas tertentu), Postal History, Postal Stationery, Revenues dan Tradisional.

MOPHILA : dinilai atas pilihan pengunjung dan tidak dapat dimasukkan pada kategori tersebut di atas.

 

Penentuan penjurian didasarkan atas faktor-faktor penilaian yang umum digunakan, dengan memperhatikan usia peserta. Hal ini tentu saja bertentangan dengan persiapan yang sesungguhnya untuk suatu pameran dengan subjek tertentu dalam lingkup disiplin filateli. Masalah ini terjawab dengan tersusunnya pedoman untuk masing-masing Subjek Filateli dan penentuan batasan-batasan pada penjelasan kegiatan ini.

 

Pedoman untuk memahami Subjek Filateli (Subject Specific Guidelines) membicarakan masing-masing disiplin filateli secara terpisah. Pedoman tersebut disusun berdasarkan pedoman FIP untuk menilai ekshibit remaja dengan menggunakan istilah filateli yang tepat, bukan terminologi yang umum.

 

Dengan menggunakan lembar-lembar penilaian yang tepat, seminar-seminar tersebut akan membantu mereka yang berkepentingan dengan filateli remaja dan memberikan bimbingan pada peserta untuk memahami serta menyiapkan koleksi yang akan dipamerkan.

Buku pedoman ini dipersiapkan berdasarkan penggolongan tersebut di atas, selain itu juga untuk lebih memahami terminologi disiplin filateli.

Source: http://filateli.wasantara.net.id