MOFILA

ISI :

Penjelasan …MP-1

 

MOFILA SALON

Mofila tidak diwakili oleh suatu Komisi FIP. Kehadirannya pada pameran-pameran didorong oleh Kelas Eksperimental yang diatur pada peraturan-peraturan FIP.

Tujuan penyelenggaraan Mofila Salon ialah untuk menggalakkan hobi mengumpulkan prangko dan memperkenalkan penerbitan dan dokumentasi benda filateli modern kepada masyarakat umum. Gagasan ini timbul mengingat bahwa prangko dapat menunjukkan budaya, sejarah serta semangat abad/zaman yang benar-benar kita alami. Pertimbangkan utama untuk mengadakan Mofila ialah kenyataan bahwa pada umumnya materi yang dibutuhkan mudah didapat dan harganyapun layak.

Materi untuk Mofila Salon dibatasi pada benda filateli yang diterbitkan 15 tahun sebelum pameran diselenggarakan. Dengan demikian materi Mofila untuk Pameran Filateli tahun 2000 ialah benda filateli yang diterbitkan mulai tahun 1986.

Ekshibit tidak dibatasi pada kelas, kelompok atau peringkat. Cara menyajikan materi diserahkan kepada selera peserta dan tidak dibatasi oleh konvensi filateli pada umumnya. Ekshibit Mofila harus mempunyai hubungan langsung dengan subjek atau tema yang dipilih. Ekshibit bisa dikembangkan secara kronologis (dapat disamakan dengan "Sejarah Pos" modern), secara tematik, atau dengan cara lain sesuai dengan selera peserta. Peserta Mofila salon dapat juga menyertakan studi tentang prangko atau satu seri prangko (sesuai dengan filateli tradisional) dalam hal apapun juga halaman pengantar tetap merupakan keharusan.

Kepada penyelenggara pameran disarankan agar penilaian Mofila Salon diserahkan kepada pilihan penonton (publik), bukan oleh juri yang ditunjuk. Sudah barang tentu komentar dari anggota Dewan Juri yang terlatih sangat dihargai.

Pada Kelas Remaja, ekshibit Mofila Salon sering menampilkan koleksi tingkap pamer tunggal yang pada pameran umum tidak diizinkan. Ini merupakan langkah besar untuk menggalakkan filateli dan memberi semangat kepada pemula.

 

 

 

Source: http://filateli.wasantara.net.id