suratkabar.com 
 
 
Domain For Sale

suratkabar.com 
Love Indonesia Philately

News Indonesia SuratkabarCom
 
A Gift For You.....

Lomba Mengarang Filateli, Tak Ada Pemenang Pertama  
07/04/2002 (00:00)

Click Here to Send Messege

[Kirim Pesan]     

MEMASYARAKATKAN FILATELI - Sejak tahun 1990-an, PT Pos Indonesia gencar memasyarakatkan filateli di kalangan masyarakat. Lomba mengarang filateli lewat internet yang diadakan baru-baru ini, juga upaya yang sama untuk mengembangkan dunia perfilatelian di Tanah Air.

TOKYO (LoveIndonesiaPhilately) - Lomba Mengarang Filateli via Internet pertama (LMFI-1) yang diselenggarakan sejak September 2001 sampai dengan 31 Maret 2002 dapat dikatakan tidak berhasil menggaet sejumlah peserta. Hanya sepuluh peserta yang masuk ke dalam penyeleksian lomba.

Hasilnya, setelah dinilai oleh dua orang juri yang cukup berpengalaman baik dalam bidang filateli maupun dalam aktivitas jurnalistik, diputuskan tidak ada pemenang pertama.

Hal ini disebabkan beberapa hal. Antara lain masih belum cukup baiknya kreasi ide penulisan.

Termasuk juga belum cukup baiknya kualitas isi tulisan, pengalaman dan pengetahuan filateli yang juga masih belum baik, dan gaya penulisan yang juga masih banyak perlu ditata lebih lanjut.

Oleh karena itu, diberikan satu hadiah pemenang kedua dan dua hadiah untuk pemenang ketiga.

Pemenang kedua dengan nomor urut tulisan LMFI-0002 adalah Nurul Hidayati. Sedangkan dua pemenang ketiga, yaitu dengan nomor urut tulisan LMFI-0001 adalah Harsubeno Lesmana dan LMFI-0004 adalah Yayan Gusman.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah-hadiah dari PT Pos Indonesia berupa album koleksi prangko 100 Tahun Bung Karno, Sampul Hari Pertama (SHP) dari filatelis senior Indonesia yang bermukim di Amerika Serikat, Hardjasudarma, serta uang tunai masing-masing Rp 200.000 untuk pemenang kedua dan Rp 100.000 untuk pemenang ketiga.

Peserta lainnya, masing-masing akan mendapatkan album koleksi prangko 100 Tahun Bung Karno dari PT Pos Indonesia dan SHP dari Hardjasudarma.

Masih Rendah

Menurut pengamatan penulis, ada beberapa hal ketidakberhasilan LMFI ini. Paling utama adalah masih rendahnya tingkat penggunaan internet untuk pemberian nilai tambah khususnya di bidang filateli, dan masih rendahnya pengetahuan filateli di kalangan masyarakat Indonesia. Terbukti dari hasil karangan yang masuk.

Satu hal yang menjadi keprihatinan penulis, adanya peserta yang sangat buruk moralnya sehingga tulisan dibuat hanya dengan meng-copy (bukan menyadur) dan mem-paste tulisan yang ada dari berbagai sumber, lalu digabung-gabungkan menjadi satu, agar kelihatan rapi.

Sebenarnya hal ini sudah disadari dan diperkirakan sebelumnya oleh panitia.

Karena memang panitia tidak membatasi apa pun, tidak usia, tidak jumlah tulisan dan sebagainya.

Demikian pula peliputan yang sangat luas penggunaan internet ini sehingga bisa dikatakan tanpa batas. Lalu ditambah keterbatasan panitia dalam memonitor berbagai sumber yang ada.

Meskipun demikian panitia telah berusaha yang terbaik untuk menyeleksinya dan itulah hasilnya.

Segala masukan dari semua pembaca di sini sangat diharapkan untuk pengembangan lebih lanjut lomba ini.

Panitia memang akan melakukan kembali di masa mendatang, semuanya demi upaya mempublikasikan atau memasyarakatkan lebih luas lagi filateli di mata masyarakat Indonesia.

RICHARD SUSILO

---------------------------------------------------------------------

SUARA PEMBARUAN DAILY 7 April 2002

Last modified: 4/4/2002


HOME | Today's News | Shopping 

Copyright 1999-2002 © SuratkabarCom Online