suratkabar.com

Domain For Sale


suratkabar.com
News Indonesia SuratkabarCom

Breaking News.....

Prangko dan Proklamasi
16/08/2002 (21:00)


TOKYO (LoveIndonesiaPhilately) - Sejak Proklamasi 1945 sampai dengan saat ini, sedikitnya 10 seri prangko Indonesia diterbitkan setiap tanggal 17 Agustus. Dimulai dari penerbitan 17 Agustus 1950, seri peringatan 5 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, ada prangko Indonesia yang menggunakan rancangan teks proklamasi beserta gambar Bung Karno yang sedang membacakan teks tersebut (lihat seri prangko terbitan tanggal 17 Agustus 1955).

Besok, prangko baru seri Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terbit searah dengan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Ke-57 RI. Diperkirakan akan ada penandatanganan sampul hari pertama oleh kedua pejabat negara itu sebagai kenang-kenangan penerbitan seri baru ini.

Keterkaitan filateli dengan Proklamasi besok juga bisa kita lihat dari kegiatan berikut ini:

Teman kita Romadhon Hariyanto dari Surabaya memberitahukan, ada pula Bursa Filateli "Dwi Tunggal Proklamator RI" yang berlangsung di Vestibule Kantor Pos Surabaya, Jalan Kebonrojo 10, dari tanggal 12-21 Agustus 2002. Acara ini dibuka dari pukul 09.00-20.00. Selama acara ini, ada pula peluncuran seri "Satu Abad Bung Hatta" (12 Agustus 2002) dan seri Prangko "Presiden dan Wakil Presiden Indonesia" (17 Agustus 2002).

Panitia Bursa Filateli akan mengeluarkan dua buah sampul peringatan (SP) dengan cap istimewa, yaitu SP Dwi Tunggal Proklamator RI dan SP Megawati Soekarnoputri, Presiden Wanita Pertama Indonesia.

Kesempatan bagi filatelis untuk melengkapi koleksi dwi tunggal proklamator RI (Bung Karno dan Bung Hatta) serta bermacam-macam benda filateli baik terbitan dalam maupun luar negeri akan digelar di sana pula.

Melihat kesempatan aktivitas filateli itu pasti akan sangat berguna.

Belajar dari pengalaman mengunjungi aktivitas filateli itu, bulan September kita bisa lebih siap lagi untuk mengunjungi acara nasional di Yogyakarta. Pameran nasional serta rapat tahunan para filatelis Indonesia yang pasti akan diramaikan oleh berbagai kegiatan filateli, dan tak lupa direncanakan akan dibuka oleh Sultan Hamengku Buwono X.

Untuk informasi lengkap pameran bisa dilihat pada http://filatelis.com/panfila.

Richard Susilo, Koresponden Kompas di Tokyo


Kompas 16 Agustus 2002


[an error occurred while processing this directive]

HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2002 © SuratkabarCom Online