suratkabar.com

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

A Gift For You.....

Usulan buat Pos, Prangko Pulau Indonesia
20/04/2003 (21:00)

Click Here to Send Messege

[Kirim Pesan]

TOKYO (LoveIndonesiaPhilately) - Hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan kini Indonesia memiliki 18.110 pulau dengan panjang garis pantai 108.000 kilometer.

Namun, menurut Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Rudolf W Matindas MSc masih harus diverifikasi. Sebelumnya tercatat resmi 17.506 pulau (setelah dikurangi Sipadan dan Ligitan). Pengecekan di lapangan dilakukan berdasarkan peta dengan skala bervariasi dari 1:500.000 hingga 1:50.000. Selain itu bekerja sama dengan UI, Bakosurtanal memverifikasi ada 11.013 pulau tanpa nama.

Data tersebut sangat menggelitik dan menarik untuk dibuat satu seri prangko bertema Pulau Indonesia. Katakanlah yang layak dibuat prangko adalah prangko yang memiliki nama, berarti ada sebanyak 7.097 pulau. Kalau satu seri per tahun terbit 100 prangko, seperti prangko seri burung Amerika Serikat yang terbit beberapa tahun lalu, berarti membutuhkan sedikitnya 70 tahun terus-menerus menerbitkan prangko seri pulau hingga lengkap.

Itu kalau kita hitung secara matematika. Tapi di saat tahun ke-70, dipastikan sudah ada lagi banyak pulau yang mungkin hilang atau bahkan bertambah banyak. Jelas semua itu tidak realistis. Setidaknya ide penerbitan seri prangko Pulau Indonesia sangat disambut baik umumnya kalangan filatelis Indonesia. Bisa dimengerti, karena setiap pulau pasti memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

Tak heran misalnya, Iskandar Syarif Andries, filatelis Jakarta, mengusulkan seri Pulau Indonesia itu dimulai dari seri pulau yang memiliki mercusuar. Mungkin saja jenis mercusuar satu pulau dengan pulau lain beda sehingga membuat lebih menarik. Ada pula filatelis Indonesia lainnya, Kwe Novatus, mengusulkan agar dimuat pula letak pulau tersebut pada prangko sehingga masyarakat bisa belajar di mana pulau itu berada di dalam Indonesia.

Penerbitan prangko seri Pulau bisa dibilang hal baru. Tematik internasional tidak melihat seri pulau bisa dijadikan satu tema tersendiri, karena tidak banyak negara maju kepulauan yang benda filatelinya memiliki nilai filateli yang baik. Tetapi Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia, harus bisa menggali potensi luar biasa ini menjadikan satu tematik tersendiri. Hal ini benar-benar kesempatan emas bagi Direktorat Jenderal Postel dan PT Pos Indonesia.

Penerbitan seri prangko pulau ini pun tidak harus semuanya prangko, tetapi bisa digabung pula dengan cap khusus berbagai macam tema pulau dengan gambar bentuk pulau yang bersangkutan masing-masing. Dengan demikian semua itu akan saling melengkapi satu sama lain.

Sebagai contoh, tidak semua pulau bernama diterbitkan prangko seri Pulau. Hanya 5 pulau terbesar (Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua) diterbitkan prangko. Kalau dianggap terlalu sedikit, maka tambahkan dengan pulau yang lebih kecil lagi, termasuk Pulau Bali di masukkan ke sana. maka jumlahnya yang akan menjadi sekitar 500 pulau. Berarti kategorisasi penerbitan prangko berdasarkan ukuran pulau.

Lalu pulau lain yang tak diterbitkan prangko, diterbitkan dalam bentuk souvenir sheet yang bergambar gabungan beberapa pulau terdekat. Dengan demikian misalnya ada 10 pulau terdekat bisa digabung, masuk ke dalam satu carik kenangan. Demikian pula pulau lain bisa diproyeksikan gambarnya ke dalam Sampul Hari Pertama (SHP). Lalu pulau kecil lainnya lagi bisa digambarkan bentuknya saja lalu dibuat cap khusus untuk sampul peringatan saja, bukan SHP.

Cara lain juga bisa gambar-gambar pulau kecil dimasukkan ke dalam rancangan Kemasan Filateli (souvenir pack). Belum lagi kartupos juga bisa dimanfaatkan memuat gambar pulau-pulau kecil. Jenis benda filateli banyak sekali, dan semua pulau bisa diwakili masuk ke semua benda filateli yang ada.

Richard Susilo

------------------------------------------------------------

SUARA PEMBARUAN DAILY 20 April 2003

Last modified: 16/4/2003


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2003 © SuratkabarCom Online