suratkabar.com

Domain For Sale


suratkabar.com
News Indonesia SuratkabarCom

A Gift For You.....

Produk Baru, Album Prangko Berukuran Saku
21/04/2002 (00:00)

Click Here to Send Messege

[Kirim Pesan]

DALAM KEMASAN - Album prangko yang dapat dimasukkan ke dalam saku baju, merupakan produk baru filateli Jepang, yang dijual dalam kemasan plastik. Foto Lain KLIK Di Sini

TOKYO (SuratkabarCom) - atu produk menarik, album prangko yang dapat dimasukkan ke dalam saku, berukuran 49 mm (horisontal) x 54mm (vertikal), baru-baru ini muncul di Jepang.

Album tersebut mirip buku agenda biasa, hanya saja bentuknya sangat mini, dan isinya 30 lembar plastik transparan sebagai tempat prangko. Pembuatannya sangat sederhana, demikian pula bahannya. Harganya 360 yen (sekitar Rp 27.000) sebuah, belum termasuk pajak lima persen.

Harga tersebut bukan dihitung dari bahan produknya saja, tetapi kreativitas ide asli pembuatan album tersebut. Produk mini dengan nama Stamp Mini Photo buatan Artemis Factory's Gear dengan kode MMF01-36 itu dijual di beberapa toko buku dan alat tulis besar di Jepang, seperti Itoya yang ada di Ginza, Tokyo, dalam enam warna yaitu merah, kuning gading, biru laut, hijau daun, kuning, dan oranye.

Tulisan pada sampul muka album ini sederhana sekali dengan judul Stamp dan di bawahnya tertulis, "I don't know what I'll use it for." Lalu di bagian sampul belakang hanya ada tulisan judul Photo dan di atasnya tertulis, "It was too cute and tiny to pass up." Dari kata-kata tersebut tentu bisa kita duga sang pembuat memang sangat menarik dan kreatif.

Bagi kalangan pengumpul prangko atau filatelis, tampaknya benda mini ini bisa menjadi alat pembantu untuk menyimpan koleksi prangko, satu demi satu dengan aman, nyaman, sederhana, dan tak memerlukan banyak tempat. Walaupun mungkin hanya cukup untuk 30 prangko. Kalau mau dimasukkan dua prangko bertolak belakang satu sama lain dalam satu sampul plastik transparan, bisa juga dilakukan, sehingga bisa memuat 60 prangko tunggal.

Tentu saja memasukkan dua prangko dalam satu kantong plastik isi tersebut, sangat tidak disarankan bagi prangko baru (mint) dengan perekat yang tentu sangat kuat dan sensitif terhadap benda atau molekul sekitarnya.

Sedangkan bagi masyarakat biasa, khususnya yang sering berkirim surat ataupun para penggemar surat-menyurat, benda mini ini memang sangat menarik untuk dimiliki.

Untuk Dikoleksi

Lalu bagaimana dengan harganya? Bagi Indonesia rasanya semua bahan untuk membuat album itu cukup tersedia. Oleh karena itu, bangsa Indonesia bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Tentu saja bukan asal buat. Hasil produk jadi yang profesional, tentu akan menjadi daya tarik menarik bukan saja bagi si pembuat, penjual atau pembeli, tetapi bagi seluruh orang yang melihatnya. Bukan tidak mungkin benda mini ini bahkan dibeli hanya untuk dikoleksi saja, khususnya dilakukan kolektor benda mini.

Sedangkan penggunaan praktis, dengan tersedianya prangko-prangko di dalam album tersebut, tentu saja prangko bisa aman, dimasukkan saku baju atau kantong celana kita, kapan saja dan di mana saja mau digunakan, tak ada masalah.

Satu ide yang sederhana tapi bisa berdampak sangat luas. Tentu Indonesia tak mau kalah dengan berbagai ide lainnya, bukan?

Apalagi seorang filatelis sudah selayaknya penuh dengan segala kretivitas. Sambil mendayung, dua tiga pulau terlewati. Sambil berfilateli, berbagai hal bisa kita lakukan, ya menabung, menciptakan produk baru di dunia filateli, dan sebagainya.

Richard Susilo

----------------------------------------------------------------

Suara Pembaruan 21 April 2002

Last modified: 19/4/2002


[an error occurred while processing this directive]

HOME | Today's News | Shopping

Copyright 1999-2002 © SuratkabarCom Online