suratkabar.com

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

A Gift For You.....

Pehobi Filateli Kembali Bergiat
06/07/2003 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Walaupun kegiatan filateli atau hobi mengumpulkan dan mempelajari prangko serta benda pos lainnya, sempat lesu di awal tahun 2000-an, namun tampaknya para pehobi di Tanah Air saat ini sudah mulai kembali bergiat. Tahun ini misalnya, cukup banyak kegiatan filateli yang diadakan di sejumlah daerah. Beberapa waktu lalu telah berlangsung pameran filateli tematik di Bandung. Di samping penerbitan prangko yang semakin bervariasi bentuk maupun desainnya.

Awal Juli ini misalnya, terbit prangko menyambut 50 tahun Bank Indonesia. Bentuknya unik, karena mirip sekali dengan uang kertas hanya dalam ukuran mini. Pengerjaan desainnya juga teliti dan hasil cetaknya yang dikerjakan di Perum Percetakan Uang RI (Peruri), dapat disejajarkan dengan prangko-prangko dari negara terkemuka.

Seperti dikatakan Manajer Bisnis Filateli PT Pos Indonesia, Andang Widjaja, seri prangko 50 tahun Bank Indonesia yang terdiri dari dua desain dan harga satuan (nominal) berbeda, merupakan salah satu prangko yang dapat dibanggakan. Diperkirakan prangko yang dicetak terbatas itu, akan cepat habis dibeli para filatelis dalam dan luar negeri.

Sementara, 14 Agustus mendatang, bertepatan dengan Hari Pramuka, juga akan diterbitkan prangko dengan desain menarik. Menggambarkan wajah Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Bapak Pramuka Sedunia, Lord Baden-Powell. Prangko ini pun diperkirakan akan banyak diminati para filatelis, mengingat cukup banyak filatelis yang mengkhususkan diri mengumpulkan benda filateli bertema kepramukaan.

Masih berkaitan dengan hobi unik itu, beberapa waktu lalu Kedutaan Besar Meksiko di Jakarta juga mengadakan pameran filateli untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Meksiko dan Indonesia.

Kalau di Indonesia prangko pertama kali terbit tahun 1864 saat masih bernama Nederlands Indie (Hindia Belanda), maka Meksiko pertama kali menerbitkan prangko pada 21 September 1856. Prangko tersebut menggambarkan citra seorang pahlawan kemerdekaan negara itu, Don Miguel Hidalgo y Costilla. Prangko tersebut didesain oleh seniman kenamaan, Don Jose Villegas. Di Meksiko, prangko disebut estampilla.

Selama perang kemerdekaan Meksiko, surat memang memegang peranan penting dalam menyebarkan gagasan-gagasan tentang kebebasan dan program-program yang merupakan langkah awal pembentukan negara yang bebas. Kemerdekaan Meksiko sendiri diproklamirkan tanggal 27 September 1821, dan hanya 42 hari sesudah itu, pemerintah memutuskan bahwa Menteri Dalam Negeri membawahi Direktorat Jenderal Pelayanan Pos. Kemudian dari 1824 sampai 1891, direktorat tersebut berada di bawah Kementerian Keuangan, dan setelah itu sampai sekarang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Pekerjaan Umum.

Dalam pameran yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta, pengunjung dapat melihat bahwa prangko-prangko Meksiko didominasi oleh prangko-prangko dengan tema flora, fauna, transportasi, dan seni budaya.

Sementara itu, Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) akan menyelenggarakan Pameran Nasional Filateli di Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan acara berskala nasional, dan akan ditampilkan koleksi-koleksi benda filateli terbaik dari seluruh daerah di Indonesia. Acara yang akan diadakan di Tunjungan Plaza dari 29 Agustus sampai 4 September 2003, juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan filateli lainnya. Mulai dari seminar, lomba, sampai penjualan berbagai benda filateli, baik yang kuno maupun modern. (B- 8)

SUARA PEMBARUAN DAILY 6 July 2003

Last modified: 3/7/03


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2003 © SuratkabarCom Online