suratkabar.com

Domain For Sale


suratkabar.com
Love Indonesia Philately

Breaking News.....

Kantor Pos Kirim Wesel Rp 1,5 Milyar per Hari
26/11/2002 (21:00)


JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Kantor Pos di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok,dan Bekasi memperkirakan akan mengirim wesel pos senilai Rp 1,5 milyar per hari atau Rp 90 milyar dalam kurun waktu 60 hari puncak (peak season). Hari puncak terhitung sejak 15 November 2002 sampai dengan 15 Januari 2003. Jumlah ini meningkat sekitar 15 persen dibanding tahun lalu.

˛Sebagian besar pengiriman wesel selama masa itu ke wilayah yang penduduknya banyak bekerja di Jakarta, seperti Yogyakarta, terutama Gunung Kidul, Wonogiri, dan Sumatera Barat,˛ kata Sekretaris Kantor Wilayah (Kanwil) Usaha Pos IV PT Pos Indonesia (Persero), Baharuddin, di Jakarta, Senin (25/11).

Pada hari raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru yang lalu, kantor pos se-Jabotabek per harinya mengirim 1,1 juta pucuk wesel dan menerima 1,2 juta per hari. Sementara untuk pengiriman uang lewat wesel, tahun lalu mencapai Rp 1,1 milyar per hari.

Pengiriman surat

Sedangkan untuk surat, Baharuddin memperkirakan, surat yang diterima untuk dikirimkan mencapai 72 juta pucuk atau sejumlah 1,2 juta pucuk surat per hari. Hitungan per harinya meningkat sekitar 10 persen dibanding Lebaran, Natal, dan Tahun Baru sebelumnya. Surat yang diterima untuk didistribusikan di wilayah Jabotabek diperkirakan mencapai 1,2 juta per hari.

Dibandingkan hari-hari biasa, peningkatan jasa pos tersebut mencapai sekitar 100%. Pada hari-hari biasa, kantor pos di wilayah Jakarta dan sekitarnya hanya mengirimkan sekitar 662 ribu pucuk surat dan menerima surat sekitar 610 ribu pucuk per hari. Sementara untuk jasa pengiriman wesel pada hari-hari biasa selama tahun ini, Kanwil Usaha Pos IV mengirimkan Rp 896 juta dan menerima wesel yang harus dibayarkan senilai Rp 260 juta per hari.

Saat ini, kesibukan di kantor-kantor pos di wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah mulai meningkat. Puncak kesibukan diperkirakan baru berakhir 15 hari setelah Tahun Baru 2003. ˛Mulai Sabtu (23/11), bus-bus surat sudah mulai penuh, terutama kartu ucapan Lebaran,˛ kata Zainudin, petugas biscap (pengambil dan pengecap surat di bis surat) Kantor Pos Besar Jakarta.

Antisipasi lonjakan

Untuk mengantisipasi lonjakan, baik pengiriman maupun penerimaan, pihak Kanwil Usaha Pos IV telah menyiapkan berbagai sarana untuk memproses surat atau kiriman lain.

Baharuddin mengatakan, pihaknya seperti tahun lalu akan melakukan rekrutmen petugas tambahan, terutama untuk bagian penyortiran. Tenaga tambahan itu berasal dari pelajar, mahasiswa, pensiunan pegawai pos, serta anggota karang taruna. ˛Mereka akan dibayar sesuai dengan upah minimum regional,˛ kata Baharuddin.

Baharuddin menambahkan, akan berupaya mengoptimalkan kendaraan operasional di lapangan. Saat ini, Kanwil Usaha Pos IV mempunyai 2.060 sepeda motor yang dipakai untuk mengantar surat dan 466 kendaraan roda empat, termasuk 34 truk Hino dan 32 truk kecil.

Kanwil Usaha Pos IV juga akan mengerahkan seluruh armada pos yang dimiliki untuk menghadapi lonjakan penerimaan dan pengiriman surat atupun barang. Armada pos itu terdiri dari 149 unit pos keliling, 8 unit e-Mobile Pos, 85 unit pos keliling desa (khusus untuk wilayah Botabek), serta 36 unit pos pemasaran keliling (Sarling) yang juga melayani penjualan benda-benda pos dan meterai.

Kepala Kantor Pos Besar Jakarta Herbon Apnalto mengatakan, untuk mengatasi lonjakan jasa pos, pihaknya akan menambah loket-loket pelayanan jasa pos. ˛Mulai 30 November sampai dengan 12 Januari, tidak boleh ada karyawan yang cuti,˛ kata Herbon.

Kantor Pos Besar Jakarta juga telah meningkatkan persediaan perangko untuk mengantisipasi lonjakan permintaan sebesar 20% sampai 30%.

Fasilitas baru

Sementara itu, PT Pos Indonesia dalam rangka menyambut Lebaran, Natal, dan Tahun Baru 2003 telah melakukan kerja sama dengan operator telepon seluler (ponsel) dengan meluncurkan program SMS (short message service) Pos. PT Pos dalam hal ini bekerja sama dengan ProXL, Telkomsel, dan Satelindo.

Baharuddin mengatakan, layanan ini ditujukan untuk pengguna ponsel yang ingin mengirimkan surat ucapan lewat SMS kepada kerabatnya yang tidak memiliki ponsel. Bentuk kirimannya nanti berupa sebuah surat ucapan sesuai alamat yang diinginkan pengirim.

Pengirim pesan cukup mengetik nama dan alamat penerima, lalu mengirimkan ke nomor tertentu yang disediakan oleh operator. SMS tersebut akan dikirimkan ke 154 kantor pos di seluruh Indonesia. (B04)

Kompas, Selasa, 26 November 2002


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2002 © SuratkabarCom Online