suratkabar.com

Domain For Sale

suratkabar.com

Stamps Indonesia

A Gift For You.....

Pameran Filateli Remaja Akan Digelar di Jakarta
23/03/2003 (21:00)

Click Here to Send Messege

[Kirim Pesan]

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Memperingati HUT ke-81 Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), sebuah pameran filateli akan digelar di Jakarta. Bertajuk "Jakpex '03", pameran filateli yang mempertandingkan koleksi-koleksi para remaja seluruh Indonesia itu diadakan dari 26 sampai 30 Maret 2003 di Kantor Filateli Jakarta, Jalan Pos 2, Jakarta Pusat.

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PFI, Riyanto, sampai saat ini telah terdaftar koleksi sebanyak 130 frame yang berasal dari para kolektor remaja di 14 daerah di Indonesia.

Beragam koleksi ikut serta walaupun sebagian besar merupakan koleksi tematis, yaitu koleksi benda filateli yang disusun berdasarkan tema tertentu yang dipilih filatelis bersangkutan. Saat ini, tema-tema yang umum digemari adalah flora, fauna, seni budaya dan segala aspeknya, transportasi, tokoh-tokoh terkemuka, arsitektur, pramuka, angkasa luar, dan artis.

Selain pameran, akan diadakan pula penyuluhan orientasi bisnis filateli, wisata pos, bursa dan lelang prangko, sampai penerbitan sampul peringatan. Lelang prangko yang akan diselenggarakan seorang pedagang prangko dari Bandung, menawarkan beragam benda filateli, namun terutama benda-benda filateli Indonesia, mulai dari masa Hindia-Belanda sampai saat ini.

Pameran yang akan diadakan itu, diharapkan dapat membantu upaya yang tengah diusahakan PFI untuk menggairahkan kembali dunia filateli di Indonesia. Harus diakui, sejak batalnya rencana penyelenggaraan pameran filateli tingkat dunia "Indonesia 2000" yang tadinya akan diadakan di Jakarta tahun 2000 dan kemudian diundur 2001, sampai dibatalkan sama sekali, perkembangan filateli di Tanah Air agak tersendat.

Padahal tadinya, kegiatan filateli di Indonesia bisa dibilang menggebu-gebu. Hampir tiap daerah menyelenggarakan pameran filateli, penyuluhan filateli kepada para remaja, dan berbagai kegiatan lainnya. Penerbitan benda-benda filateli juga selalu "diserbu" pembeli.

Namun seperti dikatakan seorang filatelis senior, sekarang perkembangan filateli di Tanah Air seperti penyu yang berjalan lambat. "Lesu darah," tambah filatelis lainnya, sambil menunjukkan bahwa perdagangan benda-benda filateli Indonesia sudah tak begitu laku lagi.

Untuk mengatasi hal ini, tampaknya perlu kerja sama yang lebih erat antara PT Pos Indonesia, PFI, dan Asosiasi Pedagang Prangko Indonesia (APPI). Kabarnya, APPI kini telah dipimpin ketua baru yang diharapkan dapat segera menerbitkan kembali Katalog Prangko Indonesia yang telah tiga tahun terakhir ini tak terbit lagi.

PT Pos Indonesia sudah menunjukkan kesungguhan di masa lalu dengan membantu sepenuhnya perkembangan filateli Indonesia. Diharapkan saat ini pun, PT Pos Indonesia tetap membantu sepenuhnya.

"Sebab bila filateli bergairah di Indonesia, maka akan makin banyak masyarakat Indonesia yang membeli benda filateli di kantor pos, dan pada akhirnya PT Pos akan diuntungkan pula," tutur seorang filatelis di Jakarta pekan lalu sambil menambahkan, "Apalagi filatelis biasanya membeli prangko untuk disimpan, tidak untuk mengirim suratpos. Jadi margin keuntungan PT Pos dari penjualan prangko semakin besar, karena tidak perlu membayar biaya transportasi bila prangko itu dipakai mengirim surat pos."

Tentu saja agar benda-benda filateli yang dijual PT Pos Indonesia laku dan diborong para filatelis, maka produk itu harus menarik, harganya terjangkau, dan dikenal luas.

Untuk itu, promosi yang dilakukan PT Pos Indonesia dalam memperkenalkan produk benda-benda filateli kepada masyarakat luas harus semakin sering dilakukan. Termasuk promosi melalui pameran-pameran filateli yang diadakan di berbagai tempat, baik di dalam maupun di luar negeri. (B-8) SUARA PEMBARUAN DAILY 23 Maret 2003


[an error occurred while processing this directive]

HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2003 © SuratkabarCom Online